Thursday, May 2, 2013

Tips Membuka Toko Online di facebook

Siapa tak kenal Facebook di jaman sekarang ini. Hampir semua orang yang "melek" internet mempunyai akun di jejaring ciptaan Mark ini. Bagi seorang ibu rumah tangga yang hidup jauh dari sanak keluarga dan sahabat seperti saya, Facebook adalah wahana pelepas rindu dan sosialisasi dengan kehidupan di tempat asal. Tak jarang persahabatan yang terputus kembali tersambung melalui jejaring ini. Selain sebagai tempat ber-silaturahmi, rasanya sangat sayang kalau Facebook tidak dimanfaatkan maksimal untuk berbisnis dari rumah. Jadi, yang akan saya tulis kali ini adalah tentang bagaimana membuka toko online di jejaring sosial facebook.
  1. Tentukan terlebih dahulu apakah kita akan menjual produk di akun facebook pribadi kita atau akun tersendiri yang khusus untuk bisnis saja. Kedua opsi ini ada plus minusnya yaa...
  2. Tentukan produk apa yang akan kita jual. jika produk masih dalam 1 kategori, misalnya tas saja, kosmetik saja, atau baju muslim saja, kita bisa gunakan bagian nama dari produk tersebut menjadi nama akun bisnis kita, misalnya "butik tas impor", "sepatu sandal lucu", "rumahcantik", dan lain sebagainya. 
  3. Bila ingin berbisnis tanpa modal dan tidak mau menanggung risiko stok di rumah, anda bisa ikut program reseller-dropship yang banyak ditawarkan oleh toko-toko online, akan tetapi sebaiknya pastkan dulu toko tersebut terpercaya dan bereputasi baik.
  4. Upload foto produk yang kita akan jual di albums, pisah2ka sesuai kategorinya. Sangat disarankan menggunakan foto berkualitas gambar baik, plus ber "watermark" agar foto kita tidak di "pinjam" pihak lain
  5. Kalau Toko Online kita terpisah dengan akun pribadi, segera beritahu teman-teman jejaring sosial kita yang ada di akun pribadi agar menjadi teman jejaring juga di akun bisnis kita, setidaknya, lewat mereka lah kita bisa meletakkan tags produk yang akan menghubungkan produk kita dengan pihak ketiga (teman dari teman kita)
  6. Secara berkala tautkan foto produk kita di wall akun kita, boleh saja menautkannya di akun pribadi, tapi sebaiknya jangan menautkan di wall akun orang lain ya..itu namanya spam dan jika  ada pemilik akun yang merasa terganggu dengan tautan produk anda, seringkali mereka justru akan "mendepak" akun toko anda itu.
Nah, sudah siap berpetualang di dunia bisnis toko online..?^^

No comments:

Post a Comment